Pusat Inovasi Apple BSD City Akan Gandeng Universitas Bina Nusantara

pusat-inovasi-Apple-di-BSD-1440x564_c

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyambut baik rencana perusahaan teknologi dunia Apple Inc, untuk membangun pusat inovasi Apple di Indonesia. Potensi pasar yang besar menjadi perhatian perusahaan asal Amerika ini, tentu saja dengan memenuhi ketentuan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Seperti dikutip dari rilis resminya, usai bertemu dengan Direktur South Asia Apple Michel Coulomb, Minggu (2/4), Airlangga mengatakan pusat penelitian itu ditargetkan mulai beroperasi pada Mei 2017. Selanjutnya bakal menyerap sebanyak 400 tenaga kerja lokal.

“Kami mengapresiasi terhadap upaya Apple yang telah mendukung kebijakan pemerintah terkait peningkatan kandungan lokal, investasi, dan inovasi akhirnya berbuah hasil baik. Pusat inovasi Apple juga bekerja sama dengan universitas yang di sana. Tahap pertama, mereka menggandeng Universitas Bina Nusantara,” katanya.

Pusat penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) center Apple yang pertama di Indonesia, lanjut Airlangga lokasinya terletak di BSD City, Tangerang Selatan.

“Untuk saat ini, mereka masih dalam tahap persiapan desain dan konstruksi dari beberapa fasilitas yang dibangun,” ujar Airlangga menuturkan.

Dikabarkan juga bahwa selain maembangun pusat inovasi Apple, mereka juga menurut Airlangga menambahkan, akan memberikan program pelatihan dengan tujuan untuk mencetak tenaga pengajar di pusat riset tersebut.

Menteri Airlangga menambahkan program pelatihan tersebut akan dapat dimanfaatkan pelaku industri lantaran mengembangkan aplikasi berbasis lingkungan atau Apple Environment, “Aplikasinya nanti juga bisa digunakan untuk enterprise,” imbuhnya.

Menurut rencana akan ada pusat penelititan lain yang dibangun Apple di Indonesia selain di BSD City, yakni di Sumatera Utara dengan nilai investasi mencapai sebesar US$ 44 juta atau sekitar Rp 586 miliar yang ditanamkan Apple untuk membangun pusat inovasi di Indonesia.

Sumber : http://www.penamerdeka.com/12190/pusat-inovasi-apple-di-bsd-city-akan-gandeng-universitas-bina-nusantara.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s